Berapa Kadar Asam Urat Normal Pada Pria?

Hiperurisemia atau bisa disebut kadar asam dalam darah, berapa kadar asam kalian? sudahkah di cek? Kali ini kita bahas kadar asam urat normal pria dan menegtahui penyebab dan gejalanya. Asam urat yang tinggi menyebabkan rasa sakit dan bengkak pada bagian tubuh tertentu. Asam urat merupakan senyawa alami yang dihasilkan dari metabolisme zat purin.

Purin adalah molekul yang secara alami diproduksi oleh tubuh dan dapat bersumber dari sejumlah makanan. Dalam kondisi normal, asam urat larut dalam darah lalu diekskresikan dalam urin.

Asam urat baru akan menjadi masalah ketika menumpuk di dalam darah dan tidak bisa dikeluarkan. Peningkatan kadar asam urat yang melebihi batas normal dapat menjadi penyebab penyakit asam urat.

Dalam istilah medis, tingginya kadar asam urat dalam darah bisa disebut sebagai hiperurisemia. Pada akhirnya, kelebihan asam urat akan mengendap menjadi kristal urat dan masuk ke organ tubuh terutama ke dalam persendian.

Kristal urat inilah yang kemudian dianggap sebagai benda asing oleh tubuh. Hal ini memicu sel imun (sel imun) untuk menghancurkannya. Munculnya sel imun akan menimbulkan reaksi inflamasi atau peradangan yang menimbulkan rasa nyeri dan kemerahan.

Untuk mengetahui apakah kadar asam urat Anda normal atau tinggi, Anda harus menjalani tes kesehatan di fasilitas kesehatan atau rumah sakit. Selain untuk mengetahui kadar asam urat dalam darah, tes ini juga dapat berguna untuk memberitahu dokter seberapa baik tubuh bekerja untuk memproduksi dan menghilangkan asam urat.

Kadar Asam Urat Normal Pada Pria

Untuk mengetahui kadar asam urat normal pada pria, Anda harus melakukan tes darah terlebih dahulu. Nah, kadar asam urat normal untuk pria adalah sekitar 2 miligram/desiliter hingga 7,5 miligram/desilet untuk mereka yang berusia di atas 18 tahun.

Sedangkan untuk pria di atas 40 tahun kadar normalnya adalah 2 miligram/desiliter hingga 8,5 miligram/desilet. Tak hanya itu, pria berusia 10 hingga 18 tahun juga memiliki kadar normal dari 3,6 miligram/desiliter hingga 5,5 miligram/desiliter.

Penyebab Asam Urat

Nah, jika kadar asam urat normal seorang pria melebihi batas normal, hal ini tidak bisa dianggap enteng karena akan menimbulkan kondisi yang berbahaya bagi kesehatan.

Ada dua jenis hal yang menyebabkan hal ini terjadi, yaitu kondisi saat produksi meningkat atau ekskresi terganggu. Ginjal mampu mengeluarkan dua pertiga dari kelebihan asam urat ini, sedangkan sepertiga sisanya melewati feses.

Tidak hanya itu, jika Anda mengonsumsi alkohol, penggunaan diuretik, keracunan timbal, diabetes, penyakit ginjal, kanker toksemia kehamilan, atau asupan purin yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat. Selain itu, obat-obatan seperti aspirin, kafein, teofilin juga menyebabkan asam urat meningkat.

Gejala Asam Urat:

  • Sakit Mendadak

Rasa sakit yang tiba-tiba itu sendiri dalam waktu singkat sering diabaikan. Namun, jika rasa sakit itu datang kembali dan bahkan membuat persendian menjadi bengkak, merah, dan nyeri, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

  • Sakit Malam

Pada malam hari, biasanya seseorang tidak banyak mengkonsumsi air. Orang dengan kadar purin tinggi dan minum lebih sedikit dapat mengembangkan rasa sakit di malam hari. Serangan berlangsung lama hingga menimbulkan nyeri sendi, panas, rasa tidak nyaman saat tidur. Akibatnya, selain menderita asam urat, ia juga mengalami gangguan tidur.

  • Demam

Jangan remehkan saat demam datang karena nyeri sendi atau radang sendi akan menyebabkan seseorang mengalami demam, sakit kepala, dan mual.

  • Sakit Punggung

Nyeri sendi yang sering datang juga harus diwaspadai karena rasa sakitnya bisa bertambah parah. Orang yang terkena nyeri sendi parah tidak bisa bergerak, bahkan baru bangun dari tempat tidur.