Ciri-ciri Pinjol Terdaftar OJK Dan Legal

Pinjol legal adalah pinjol terdaftar OJK, pinjol ini adalah pinjaman online yang menjadi rekomendasi untuk mereka yang ingin meminjam uang secara online. Maraknya pinjaman online ilegal alias bodoh membuat masyarakat resah akhir-akhir ini.

Apa saja ciri-ciri pinjol terdaftar OJK?

Munculnya pinjaman online karena teknologi yang semakin berkembang di zaman saat ini. Sehingga, banyak sekali orang yang lebih memilih menggunakan pinjol karena mudah dan dapat diakses dari mana saja tanpa harus pergi ke bank, dan membawa surat-surat berharga saat pergi.

Hal yang harus anda lakukan saat melakukan pinjaman online adalah melampirkan bukti foto KTP dan foto selfie dengan memegang KTP saja. Apabila anda melakukan pinjaman melalui aplikasi pinjaman online, maka anda harus paham betul terkait aplikasi yang akan digunakan nantinya. Jika anda salah memilih aplikasi, maka anda bisa saja terkena penipuan atau spamming.

Ciri-ciri Pinjol Terdaftar OJK

  • Ciri-ciri pinjol terdaftar OJK yang pertama adalah pinjaman online legal yang sudah pasti aman dipilih dan tidak menawarkan pinjaman melalui SMS atau sambungan telepon pribadi.
  • Pinjol negara yang mempunyai suku bunga dan denda  yang ditawarkan masih dalam batas wajar, karena berkisar di bawah 1 sampai 4% setiap harinya.
  • Adapun biaya peminjaman tidak terlalu tinggi, biasanya hanya mencapai 40% dari jumlah pinjaman yang ada.
  • Jangka waktu pelunasan pinjaman juga masuk akal, karena sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan di awal.
  • Pinjol lega adalah pinjol yang tidak akan meminta akses seperti kontak pribadi, data ponsel, foto, ataupun video untuk digunakan meneror peminjam jika tidak melakukan pembayaran.
  • Pinjol legal juga tidak akan melakukan penagihan yang tidak beretika, sehingga anda bisa membedakannya dengan pinjol yang ilegal.
  • Pinjol legal adalah pinjol yang mempunyai lokasi aplikasi dan identitas yang jelas untuk diketahui oleh si peminjam.

Ciri Lain dari Pinjol Terdaftar OJK

Pinjol legal adalah keberadaan alamat yang mudah sekali diakses. Pada umumnya pinjaman online yang ilegal menyewa gedung jauh dari pengetahuan masyarakat agar tidak terendus oleh pihak berwajib. Terlebih apabila melakukan tindak kejahatan berupa penipuan dan lain sebagainya.

Tentu berbeda dengan lokasi dari kantor pinjol legal atau resmi, yang biasanya terdaftar dan sangat mudah ditelusuri melalui internet menggunakan Google map. Adapun dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan oleh pinjaman online bodong biasanya berupa dokumen yang tidak penting untuk pinjaman.

Tentu persyaratan pinjaman online yang bodong berbeda dengan pinjaman online legal. Terdapat syarat dan aturan yang lebih ketat terkait dengan dokumen persyaratan, untuk menentukan kemampuan finansial dari calon klien mereka.

Perlu diketahui, bahwa privasi data pribadi dari peminjam akan aman jika menggunakan lembaga pinjol yang legal. Lembaga pinjaman online yang legal selalu mengedepankan kenyamanan dan perlindungan pada konsumennya. Aplikasi pinjaman online juga akan meminta data akses kamera, mikrofon serta lokasi dari smartphone peminjam atau klien.

Setelah anda memahami beberapa ciri-ciri dari pinjaman online legal, maka diharapkan anda lebih selektif dalam memilih platform untuk pinjaman online. Beberapa platform tersebut harus anda ketahui seluk beluknya, agar anda tidak terkena penipuan atau terkena beberapa hal yang merugikan Anda ke depannya. Pinjol terdaftar OJK adalah pinjaman online yang bisa anda pilih, karena apabila pinjaman online tersebut telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan maka semakin baik. Mengapa harus demikian? Karena pinjol di otoritas jasa keuangan adalah pinjol yang sering sekali dijadikan pilihan dan bisa anda pertanggungjawabkan perbuatan pinjol tersebut.